Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Game Cities: Skylines, Membangun Kota Impian (Simulasi Jadi Walikota)

Pernah kepikiran gak sih buat jadi walikota? Membangun sebuah kota dari nol dan mengatur penduduk yang tinggal di sana? Semua hal itu dapat dilakukan pada sebuah game yang berjudul Cities skylines. Dalam game ini kamu bakal merasakan sensasi menjadi seorang walikota yang bertugas membangun serta memajukan sebuah kota. Keadaan penduduk bergantung pada kemampuanmu dalam mengatur kota. Untuk itu kamu harus membangun kota dengan baik, menyediakan infrastruktur dasar, pendidikan yang layak, fasilitas kesehatan, menjamin keamanan, serta menjaga anggaran kota agar tetap sehat dan penduduknya bahagia. Itu semua harus kamu lakukan demi membangun sebuah kota impian.

Cities Skylines Pemandangan kota

Kamu bisa membangun kota sesuai dengan keinginanmu. kamu dapat membangun sebuah kota metropolitan dengan Gedung-gedung pencakar langit, membangun sebuah kota industri, atau membangun sebuah desa pertanian.

Mungkin kamu pernah memainkan game sejenis, yaitu SimCity yang merupakan pelopor dalam kategori city building. Namun Cities skylines menawarkan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh SimCity.

Cities Skylines dikembangkan oleh Colosal Order dan diluncurkan pertama kali pada 10 Maret 2015 pada platform steam. Selain versi PC, Cities skylines juga dapat dimainkan pada konsol PS4, Xbox One, dan Nitendo Switch.

Infrastruktur dasar

Pada game ini kamu akan memulai dari sepetak tanah kosong. Untuk membangun sebuah kota tentu kamu harus membangun berbagai fasilitas dasar seperti jalan, air, listrik, pengolahan sampah, sekolah, universitas, pemadam kebakaran, kantor polisi, hingga pemakaman. Berbagai fasilitas dasar ini sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup penduduk. Kalau tidak ada jalan, listrik, dan air tentu tidak ada yang mau tinggal di sana.

Cities Skylines Jalan

Fasilitas ini memiliki banyak jenis dan tingkatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya pada pembangkit listrik yang terdiri dari berbagai jenis. Ada pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga minyak, bahkan tenaga nuklir dan hidrogen pun ada.

Masing-masing pembangkit ini memiliki kelebihan tersendiri, misalnya pembangkit tenaga angin yang ramah lingkungan dan biayanya murah, namun energi yang dihasilkannya kecil dan menghasilkan polusi suara. Sedangkan PLTU dapat menghasilkan energi yang besar namun menghasilkan polusi tanah dan udara. Kamu dapat memilih berdasarkan budget ataupun output daya listrik yang diperlukan.

Fasilitas lainnya seperti pengolahan sampah pun ada berbagai macam. Ada TPA biasa, ada tempat daur ulang sampah, serta pembangkit listrik tenaga sampah. Begitupun dengan infrastruktur dasar lain yang memiliki berbagai jenis dan tingkatan.

Mengatur Keuangan

Kamu harus menyediakan berbagai fasilitas dengan mempertimbangkan anggaran yang tersedia agar kotamu terus dapat dikembangkan menjadi lebih besar dan tidak bangkrut. Sebelum mendirikan sebuah fasilitas, kamu harus pertimbangkan betul prioritas mana harus dibangun terlebih dahulu.

Cities Skylines Pajak

Di sini kamu mesti menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran. Pemasukan bisa didapatkan dari pajak pada perumahan, area pertokoan, serta area industri. Kamu dapat mengatur pajaknya dengan sedemikian rupa agar pemasukan menjadi maksimal. Misalkan kamu menaikkan pajak area perumahan maka pendapatan dari pajak akan meningkat, namun di sisi lain demand atau permintaan area tempat tinggal akan menjadi turun sehingga penduduk jadi enggan untuk membangun rumah baru, bahkan rumah yang telah ada pun bisa menjadi ditinggalkan (abandoned). Akibatnya perkembangan area perumahan menjadi lambat. Sebaliknya jika kamu menurunkan pajak, maka permintaan akan naik dan memacu pertumbuhan, tapi pemasukan kota dari pajak menjadi turun. Selain dari dari pajak, kamu juga dapat menambah pemasukan dari sumber lain seperti dari jalan tol dan angkutan masal.

Sedangkan biaya yang harus dikeluarkan biasanya adalah biaya pembangunan fasilitas baru dan biaya perawatannya. Kamu harus menyesuaikan antara fasilitas yang diberikan dengan kebutuhan penduduk agar anggaran tidak merugi.

Semakin Padat, Semakin Susah

Pada awal game kamu mungkin tidak akan mengalami kesulitan berarti. Kamu hanya harus menyeimbangkan keuangan, antara pendapatan dengan pengeluaran agar kota tidak bangkrut. Namun, semakin besar kota, masalah yang kamu hadapi akan semakin besar.

Cities Skylines Industri

Saat populasi mulai membludak, kemacetan akan mulai terjadi. Apabila perencanaan jalan tidak dilakukan dengan baik, akan berakibat pada kemacetan pada setiap sudut kota. Populasi yang bertambah juga membutuhkan fasilitas dasar yang lebih besar.

Polusi akan menyebar seiring bertambahnya jumlah penduduk, kendaraan, serta berkembangnya industri. Pada Cities Skylines, polusi terbagi atas 4 jenis, yaitu polusi udara, polusi air, polusi tanah, dan polusi suara. Kamu harus menjauhkan area tempat tinggal dari empat jenis polusi ini.

Mengelola Kemacetan

Bagian favorit saya dalam game ini adalah Traffic Management, dimana kamu harus mengatur sedemikian rupa perpindahan orang dan barang. Membangun sebuah kota yang padat namun bebas dari macet merupakan suatu tantangan tersendiri. Kamu harus membuat jalan yang efisien dan membangun fasilitas transportasi masal untuk menghindari kemacetan.

Cities Skylines Kota

Mengatur lalu lintas kendaraan menjadi sangat penting karena kemacetan membawa berbagai dampak negatif yang membuat kotamu mandek. Tak hanya merusak pemandangan, kemacetan juga menyebabkan efek berantai. Misalkan saja terjadi sebuah kebakaran dan mobil pemadam malah terjebak macet, maka kebakaran akan ikut menghanguskan bangunan di sekelilingnya. Contoh lainnya apabila mobil pengangkut mayat terjebak macet parah, maka mayat yang dibiarkan dalam waktu lama akan menyebabkan penghuni lainnya terserang penyakit. Kemacetan juga menyebabkan truk sampah tidak dapat menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya sehingga sampah menumpuk dan berujung pada penduduk yang protes.

Untuk mengatasi masalah kemacetan ini, Cities Skylines memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan seperti tersedianya berbagai macam jenis jalan. Mulai dari jalan kecil, jalan dua jalur, sampai maksimal jalan dengan 6 jalur. Kamu juga bisa membuat jalan satu arah, membuat jalan layang, terowongan, dan membangun bundaran.

Tak hanya jalanan umum, game ini juga menyediakan berbagai macam jalan tol (highway) lengkap dengan berbagai jenis simpang susun yang dapat kamu modifikasi agar sesuai dengan kebutuhan.
Fasilitas lain yang juga dapat dibangun untuk mengurangi kemacetan adalah transportasi umum. Ada beberapa jenis transportasi umum yang dapat dibangun seperti kereta api, tram, bus, pelabuhan, pesawat, hingga kereta bawah tanah.

Cities Skylines benar-benar mensimulasikan kehidupan para penduduk atau sims. Kamu dapat mengikuti perjalanan orang dewasa pergi bekerja dan anak-anak mereka yang pergi ke sekolah layaknya manusia di dunia nyata.

Penduduk Bahagia

Kebahagiaan penduduk juga merupakan faktor penting dalam Cities Skylines. Penduduk yang bahagia dan sejahtera akan membuat level bangunan yang dihuninya naik. Level bangunan terdiri dari level 1 sampai 3. Semakin tinggi level bangunan maka pajak yang diberikan akan semakin besar sehingga menambah pemasukan kota. Selain itu tampilan bangunannya juga akan semakin bagus.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebahagiaan penduduk seperti tersedianya fasilitas kesehatan, pemadam kebakaran, dan polisi. Area tersebut juga harus terdapat fasilitas rekreasi seperti taman dan plaza serta jauh dari polusi, baik polusi udara, polusi tanah, polusi air, maupun polusi suara. Intinya, untuk meningkatkan kebahagiaan penduduk dan menaikkan level bangunan, wilayah sekitar harus memiliki fasilitas lengkap dan minim polusi.

Komunitas Mod yang aktif

Komunitas game Cities Skylines sangat aktif dalam membuat berbagai mod yang dapat membuat kotamu menjadi lebih realistis dan enak dipandang. Ada banyak mod yang tersedia mulai dari bangunan sampai simpang susun rumit. semuanya dapat kamu temukan.

Tak hanya mod seputar asset bangunan, juga terdapat berbagai mod lain yang sangat membantu seperti mod traffic manager yang membuat kamu dapat mengatur lalu lintas secara detil.

Game yang Terus Berkembang

Colosal Order, selaku developer Cities Skylines terus mengembangkan gamenya dengan secara kotinyu dan menambah fitur-fitur menarik ke dalam gamenya dalam bentuk dlc. Sehingga walaupun gamenya sudah cukup lama (sejak 2015), namun tetap menarik untuk dimainkan.

Kesimpulan

Dengan kompleksitasnya dan beragam fitur menarik, tak salah jika Cities Skylines disebut sebagai game city building terbaik. Saya sendiri menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari hanya untuk membangun kota impian saya. Game ini lumayan bikin saya ketagihan, selalu saja ada hal yang perlu dibenahi dari kota saya.

Walikota hebat sekelas Bu Risma ternyata merupakan veteran game city building lho (tapi dia main SimCity) (Detik). Siapa tahu setelah bermain Cities Skylines kamu juga jadi walikota beneran seperti Bu Risma. Game ini tentu akan menjadi simulasi yang bagus sebelum praktik melakukan penataan kota di dunia nyata. Setidaknya kamu dapat gambaran umum bagaimana susahnya mengurus sebuah kota.

Post a Comment for "Game Cities: Skylines, Membangun Kota Impian (Simulasi Jadi Walikota)"